Dapil di Kota Probolinggo Menjadi 5, Peta Perpolitikan Bakal Berubah

- Selasa, 7 Februari 2023 | 18:23 WIB
Dapil di Kota Probolinggo pasa Pemilu 2024 berubah menjadi 5 dapil, tebru hal ini membuat perpolitikan di Kota Probolinggo juga berubah  (Foto : Den Rahmad Wilwatikta)
Dapil di Kota Probolinggo pasa Pemilu 2024 berubah menjadi 5 dapil, tebru hal ini membuat perpolitikan di Kota Probolinggo juga berubah (Foto : Den Rahmad Wilwatikta)

ProbolinggoNetwork.com - Peta perpolitikan di Kota Probolinggo bakal berubah dan makin dinamis. Pasalnya, jumlah daerah pemilihan (dapil) pada Pemilu 2024 di Kota Probolinggo bertambah dari 3 dapil menjadi 5 dapil

Jumlah dapil tersebut, masing-masing berdasarkan tiap kecamatan yakni Mayangan, Kanigaran, Kedopok, Kademangan dan Wonoasih yang secara rinci sebagai berikut : 

-Dapil 1 yakni Kecamatan Kanigaran dengan 8 kursi 

-Dapil 2 Kecamatan Mayangan dengan 8 kursi 

-Dapil 3 Kecamatan Wonoasih dengan 4 kursi

-Dapil 4 Kecamatan Kedopok dengan 5 kursi 

-Dapil 5 Kecamatan Kademangan dengan 5 kursi

Baca Juga: Pohon tumbang di Jalur Ranupani dibersihkan BPBD Kabupaten Lumajang

Hal itu, berdasarkan PKPU Nomor 6 Tahun 2023 tentang Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi kursi DPR, DPRD Provinsi, Dan DPRD Kabupaten/Kota dalam Pemilu tahun 2024.

Kabar bertambahnya dapil di Kota Probolinggo, juga dibenarkan oleh Ketua KPU Kota Probolinggo, Ahmad Hudri pada Selasa, 7 Februari 2023.

"Kami melakukan 3 rancangan penataan dapil. Yakni, 3 dapil, 4 dapil, dan 5 dapil, dan hasilnya ada 5 dapil di Kota Probolinggo," jelas Hudri, dalam keterangan rilisnya. 

Baca Juga: Beternak Ayam Organik Ala Australia, Ayam Kampung Kalau Di Indonesia

Rancangan dengan 3 penataan dapil tersebut, KPU Kota Probolinggo lakukan dengan dua kali uji publik dan satu kali Focus Group Discussion (FGD). 

Kedua acara dihadiri partai politik, Bawaslu, Forkopimda, perguruan tinggi, organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan, organisasi kemahasiswaan, serta wartawan.

Halaman:

Editor: Den Rahmad Wilwatikta

Sumber: Den Rahmad Wilwatikta

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X