Desa ini Punya Destinasi Wisata Berkonsep Sustainable Tourism, Desa Terkaya di Indonesia

- Jumat, 25 November 2022 | 00:17 WIB
Desa Wisata Pujon Kidul, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Foto : bakpiamutirarajogja.com)
Desa Wisata Pujon Kidul, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Foto : bakpiamutirarajogja.com)

Probolinggo Network - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) canangkan pengembangan desa wisata.

Merujuk pada konsep sustainable tourism atau pariwisata berkelanjutan. Pariwisata yang memerhatikan dampak lingkungan, sosial, budaya, serta ekonomi masa kini dan masa depan, bagi masyarakat lokal maupun wisatawan.

Kemenparekraf/Baparekraf memberlakukan pedoman dalam pembangunan destinasi wisata berkelanjutan, terdiri empat kategori.

Yaitu pengelolaan destinasi pariwisata berkelanjutan, pemanfaatan ekonomi masyarakat lokal, pelestarian budaya masyarakat dan pengunjung, serta pelestarian lingkungan.

Di antara ribuan desa wisata di Indonesia, ada 7 desa wisata yang menjadi percontohan keberhasilan dari konsep sustainable tourism tersebut :

1. Desa Pujon Kidul (Malang)

Desa Wisata Pujon Kidul ini, berada di wilayah Kecamatan Pujon, berjarak sekitar 30 km dari Kota Malang, Jawa Timur. Lokasinya, di dataran tinggi yang sejuk dan masih asri.

Desa ini mengandalkan kelestarian alam sebagai konsep sustainable tourism, yang ditawarkan ke wisatawan, yaitu sektor pertanian dan peternakan.

Baca Juga: Piala Dunia 2022 Qatar, Penonton Bisa Menikmati Kuliner Kaki Lima

Halaman:

Editor: Agus Purwoko

Sumber: Kemenparekraf.go.id, Kemenparekraf/Baparekraf RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yes ! Gong Hyo Jin akhirnya resmi menikah

Selasa, 18 Oktober 2022 | 06:20 WIB
X